Sabtu, 24 November 2012

Sorot Mata Liar

Semua sorot mata yang  ada di halaman rumah tua itu melotot ke arah Dasimin yang berada di tengah kerumunan. Berpuluh pasang mata itu seakan berniat menguliti Dasimin, yang terlihat berwajah pucat pasi dengan tubuh gemetar, bukan hanya menghadapi garangnya sorot mata yang tajam, tetapi lengkingan teriakan ganas tetangga-tetangganya yang silih berganti menusuk hatinya, kadang teriakan warga sekampungnya itu jelas jelas menghinanya, menyalahkan dan menyuruhnya secara kasar kepada dirinya untuk merobohkan pagar halamanya yang sudah terlanjur ditembok permanen. Dasimin merasakan tubuh  dan hatinya yang gerah bukan kepalang, meski tanah dan daun daun pepohonan di sekitar rumahnya telah basah diguyur gerimis yang turun sejak siang tadi, disertai dengan angin penghujan yang merindingkan kulit.

Sekali sekali sorot mata Dasimin dilemparkan pada ketua RT, yang diharapkan mampu menjadi penengah antara dia dan tetangganya yang telah kalap, meski tak satupun tetangganya yang menjinjing senjata tajam. Namun apa yang diharapkan Dasimin sama sekali tidak ia dapatkan, justru pak RT sama liarnya  dengan warganya. Maka Dasiminpun hanya mampu diam seribu bahasa di atas pecahan tembok yang berceceran di halaman rumahnya. Dasimin hanya mengharapkan semua tetangganya tenang untuk memberi kesempatan dia bicara, tentang alasan mengapa dia tidak mau membangun pagar tembok halaman rumahnya  beberapa meter kebelakang. Sehingga menutup jalan kampung untuk lalu lalang tetangganya.

Teriakan para tetangganya hingga saat ini belum reda juga, meski gerimis masih terus membasahai tubuh manusia manusia yang bergetar membara. Entah sudah berapa lama Dasimin dan istrinya yang berdampingan,  menggigil ketakutan dilingkungi warga yang meradang itu. Tangan kanan Dasimin masih erat membawa foto copian sertifikat tanahnya yang sah dari notaris kenalanya. Untung saja beberapa minggu sebelum dia menambah bangunan di bagian depan rumahnya dan bangunan pagar dari tembok permanen yang menjadi biang permasalahanya, Dasimin sudah melengkapi dengan IMB yang diurusnya dari kelurahan setempat.
***
Dengan langkah setengah berlari menebas kerumunan warganya yang sedang kalap itu, Pak RW kini sudah berada di tengah mereka dan berdiri disamping suami istri Dasimin, dengan kedua tangan terangkat Pak RW mencoba untuk menyurutkan langkah warganya yang semakin rapat mengurung Dasimin.  Kini jarak antara Dasimin dan warga semakin dekat, beberapa diantaranya mulai leluasa menudingkan telunjuknya tepat ke wajah Dasimin, yang sudah mulai kalap juga dengan perlakuan mereka yang semakin kurang ajar. Menyaksikan gelagat yang kurang baik itu, kini Pak RW mulai bertindak tegas  juga dengan mereka, apalagi kala terdengar teriakan sebagian warga yang memanaskan atmosfer malam dingin itu.
“Bunuh, anak sombong itu “.
Sebagian lain berteriak “Habisi anak ingusan ini”.
“Cobalah bapak bapak mundur dulu, kita bicarakan masalah ini dengan baik “ teriak Pak RW yang suaranya tenggelam dalam kegaduhan itu.

Dasimin menjadi heran mengapa tetangganya yang dahulu kental bergaul dengan dia dan keluarganya kini menjadi demikian liarnya, mereka sebagian besar adalah teman main Dasimin sejak masih di SD dahulu, mereka semua biasa bermain denganya di sawah yang mengering karena diterkam kemarau panjang, untuk bermain layang layang. Saat musim hujan, sehabis bersekolah mereka bersamanya sepanjang sore mencari yuyu sepanjang pematang sawah yang basah . Sebagian dari merekapun pernah bekerja bersama sebagai tukang bangunan di Jakarta beberapa puluh silam. Bahkan saat Dasimin menjadi pemborong kecil-kecilan  merekapun bekerja denganya sebagai buruh harian, Dasimin tidak pernah terlambat membayar mereka, bahkan apabila mereka sakit, Dasiminpun tidak sayang meminjamkan uangnya.
***
“Mengapa mereka seperti ini?, Pak RW ?” seru lantang Dasimin pada Pak RW, di tengah keputusasaan Dasimin.

“Sabarlah Dasimin, sementara ini kamu jangan mengambil sikap dulu, biarkan aku menenangkan mereka dahulu ” Dasimin hanya menganggukan kepala.

“Saudara saudaku, sabarlah dan mundurlah, permasalahan ini harus diselesaikan dengan tenang, Dasiminkan saudara kita semua. Cobalah kita ke balai RW untuk membicarakan ini semua, aku dan Pak RT akan berusaha menyelesaikan permasalahan ini” seru Pak RW.
“Ah,  percuma Pak RW , kita sudah berkali kali membicarakan masalah ini, tapi anak bengal ini masih sombong, tidak mau mengerti keadaan kampung kita “ tukas Susanto.

“Tapi kaliankan terlanjur merobohkan pagar tembok Dasimin, bagaimanapun itu tindakan yang  salah “
“Pak RW, tembok pagar itu jelas jelas menutup jalan kampung ini, mengapa kita disalahkan? “ protes Harlan yang disambut dengan tepukan meriah semua warga, pertanda mereka semua telah terhinoptis dengan kemauan egonya.

“Sekali lagi bapak – bapak, tindakan kita semua salah, karena Dasimin membangun tembok itu di tanahnya sendiri yang disahkan dengan sertifikat ini “ Pak RW mengacungkan foto copian sertifikat tanah yang masih diatas namakan orang tuanya Dasimin.

“Apakah benar, kita bisa semaunya merobohkan bangunan yang dibangun seseorang di atas tanahnya sendiri yang secara sah dibuktikan dengan sertifikat. Cobalah saudara semua berpikiran dewasa” Kembali Pak RW melantangkan suaranya hingga kini mulai dapat didengar dari warga di sebrang jalan kampung yang sempit, yang tidak ikut berkerumun mendzolimi Dasimin, lantaran teriakan teriakan emosi warga kini mulai meluruh.
***
Kerumunan itu kini mulai surut, namun gerimis semakinderas. Satu dua warga mulai meninggalkan ceceran batu bata yang memenuhi sebagian halaman rumah Dasimin. Sebagian yang pulang kerumah masing masing,  masih melantunkan lisan menggerutu, sebagian lagi hanya diam membisu,  bahkan sebagian lainnya kini mulai was was jangan jangan masalah ini akan berbuntut panjang, lantaran mereka tahu bahwa sebenarnya Dasimin tidak bersalah. Namun mereka yang was was tidak tahu entah angin apa yang bertiup di hati saudara mereka  semua hingga kini mejadi liar.

“Sudahlah, bapak bapak mari ikut aku ke Balai RW, di sana kita duduk dengan tenang, berdiskusi untuk memecahkan masalah yang sering menghalangi kita. Kalau dulu kita mampu rembug dengan kepala dingin, mengapa sekarang tidak ?. Sebenarnya aku dan Dasiminpun heran, mengapa masalah ini bisa bapak bapak lakukan dengan gegabah ?, mari bapak bapak kita ke Balai RW” ajakan Pak RW semula tidak  ada yang merespon, hanya dia dan Dasimin yang kini mengayunkan langkah menuju Balai RW.
***
Pak RW kini duduk bersila di salah satu sisi ruang rapat Balai RW yang beralasan karpet kumal bersanding dengan Dasimin dan istrinya. Sementara Pak RT dan beberapa warga duduk di sisi lainya. Wajah mereka semua kini tidak segarang senja tadi. Sebaliknya Dasimin kini mulai berani memandangi wajah mereka satu demi satu. Sejuta rasa penasaran kini masih   terselip di hati Dasimin.

“Pak RT, apabila Dasimin mengadukan ini semua ke aparat yang berwajib, maka Pak RT dan warga akan berurusan dengan aparat. Tapi tentunya Dasimin tidak akan melangkah sejauh itu, ya Pak Dasimin ?”.

“Betul, Pak RW , aku tidak akan mengadukan hal ini. Tapi saya hanya ingin tahu mengapa tembok pagar saya dirobohkan. Padahal tembok itu masih di atas tanah peninggalan bapak yang bersertifikat sah, lihatlah setifikat ini” suara Dasimin terdengar datar dan berat, karena hatinya masih dihinggapi perasaan yang tidak menentu.

Memang sudah beberapa kali Pak RT memohon Dasimin tidak membangun pagar itu tepat di batas itu, Dasimin diminta untuk mundur beberapa meter, namun Dasimin tidak menyetujui hal itu, lantaran mendiang bapaknya beberapa tahun silam telah menyumbangkan tanah miliknya  beberapa meter untuk jalan.Maka Dasiminpun bersikokoh untuk tidak menyurutkan batasnya, malah dia menghendaki agar Karno, Tedjo dan Sumantri , tetangga  sebrang jalan  yang gantian mengundurkan batasnya, sehingga jalan kampung itu menjadi cukup lebar.
“Jadi begini Pak RW, awalnya memang ada isu jalan kampung itu, bakal digunakan truk material untuk proyek pengembang perumahan, sehingga warga yang berniat bekerja di proyek menjadi tidak sabar melebarkan jalan itu” ucapan  Pak RT kini mulai membuka tabir kemelut yang baru saja terjadi.
“Isu dari mana, Pak RT ?” tanya Pak RW.

“Sudah seminggu yang lalu kami kedatangan pengembang yang melakukan survey lokasi termasuk jalan di depan Dasimin”
“Aduh, Pak RT, kalau memang lingkungan kita akan dikembangkan proyek perumahan, tentunya Pak Lurah mesti memberitahu aku, tapi nyatanya hingga kemarin Pak Lurah tidak membicarakan itu. Ah...ini hanya isu saja,kenapa bapak bapak mudah terpancing dengan isu itu. Maafkan warga kami ya Pak Dasimin”
Dasimin hanya menganggukan kepalanya***

Tidak ada komentar:

Posting Komentar